Kapolri Larang Tilang Manual, Begini Kata Kasat Lantas Kota Prabumulih

PRABUMULIH,–Lembayungnews– Kapolri menginstruksikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) dilarang menggelar operasi penindakan tilang manual. Penindakan pelanggaran kini diganti menjadi mengandalkan tilang elektronik berbasis Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Instruksi ini diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyusul arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajaran pimpinan Polri dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Instruksi larangan menggelar tilang secara manual tersebut dimuat dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas tidak menggunakan tilang manual. Namun hanya dengan menggunakan ETLE baik statis maupun mobile dan dengan melaksanakan teguran kepada pelanggar lalu lintas,” tulis instruksi dalam poin nomor lima surat telegram tersebut.

Jajaran polisi sabuk putih diminta mengedepankan penindakan ETLE, baik statis maupun mobile. Untuk menunjang sistem ETLE, polisi saat ini hanya mengandalkan dua jenis kamera yakni CCTV dan kamera ponsel yang dipegang petugas.

Sebelumnya pada Operasi Zebra bulan ini kepolisian sempat melarang penindakan secara manual, diganti menggunakan ETLE statis, mobile dan teguran.

Namun menjelang Operasi Zebra dimulai pada 16 Oktober, Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengonfirmasi masih bisa dilakukan tilang manual sebagai diskresi kepolisian. Tilang manual diterapkan buat mendukung ETLE.

Kasat Lantas Kota Prabumulih, Muthemainah, SH saat dibincangi awak media via pesan singkat WhatsApp mengatakan bahwa saat ini pihaknya memang tidak melakukan tilang. Namun, tetap melakukan teguran sebagai edukasi bagi masyarakat. Sabtu (22/10/2022).

AKP Muthemainah, SH Saat memberikan edukasi kepada pengendara sepeda motor yang melintas di jalan Padat Karya Gunung Ibul Prabumulih Timur Sabtu, 22/10/2022.
AKP Muthemainah, SH Saat memberikan edukasi kepada pengendara sepeda motor yang melintas di jalan Padat Karya Gunung Ibul Prabumulih Timur Sabtu, 22/10/2022.

“Benar, Satlantas saat ini tidak melakukan tilang manual. Namun kami tetap memberikan Edukasi, agar para pengemudi menaati peraturan dalam berkendara. Kami tetap menegur, mengedukasi agar masyarakat yang mengemudikan kendaraan dapat melengkapi surat menyuratnya dan memakai helm standar SNI,” ungkap AKP Muthemainah yang belum lama ini dilantik sebagai Kasat Lantas Kota Prabumulih.

Kasat Lantas juga menambahkan, meskipun tidak ada tilang manual, tetapi tilang dapat diberlakukan jika ada pengendara yang terindikasi melakukan pelanggaran yang dapat menyebabkan fatalitas kecelakaan. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *