Jalan Tol Indralaya-Prabumulih akan Dibuka Secara Terbatas Mulai 15 – 30 April Mendatang

PRABUMULIH. Lembayungnews.  Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih akan mulai difungsikan secara terbatas pada 15 April 2023 mendatang.

Seperti diketahui, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai dikerjakan sejak Juli 2019, dan memiliki main road sepanjang 65 km.

Tol Indralaya–Prabumulih nantinya akan menjadi bagian dari ruas Tol Indralaya–Muara Enim di Sumatra Selatan yang terbentang sepanjang 119 km.

Namun, sebelumnya, anda harus tahu dulu dimana letak gerbang tol Prabumulih-Indralaya ini berada.

Jika anda dari arah Baturaja tentunya untuk menuju tol Prabumulih tidak perlu lagi masuk kota Prabumulih. Namun, jika anda dari Lahat, bisa memanfaatkan jalan lingkar tugu nanas untuk menuju gerbang tol Prabumulih tersebut.

Diketahui, gerbang tol Prabumulih – Indralaya berada di desa Karangan kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) atau beberapa kilometer dari pusat kota Prabumulih.

Baca juga :

Pemerintah Kota Prabumulih Hari ini Serahkan Dana Desa di Kecamatan RKT Secara Simbolik

Menjelang difungsikannya Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, saat ini PT Hutama Karya (Persero) sedang mengebut pekerjaan agar Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih bisa dilalui jelang lebaran.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengungkapkan, ada satu gerbang Tol yang berada di Kota Prabumulih.

“Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini memiliki satu gerbang tol yang berada di kawasan Prabumulih,” terangnya.

Selain itu, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini juga memiliki dua simpang susun, 20 jembatan, dan dua rest area yang berada di sisi kiri dan kanan KM 56.

Baca juga :

LSM MRLB dan Perwakilan Warga 3 Desa akan Melakukan Aksi Damai Besok, Terkait Jalan Desa yang Rusak oleh Pekerjaan TOL

Rest area yang dimiliki Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini bertipe A dengan berbagai fasilitas yang dimiliki.

“Pada beberapa area di Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini juga sudah dilakukan proses soil improvement. Kecepatan rencana pada tol ini yakni 100 km/jam,” katanya.

Sebagaimana diketahui, PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, mulai dibuka pada 15 April hingga 30 April 2023 mendatang.

Untuk rencana fungsional Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang akan dibuka pada tanggal 15 April 2023 sampai dengan 30 April 2023, Tjahjo menyebut dengan catatan open traffic pada STA 48 sampai dengan STA 55 hanya pada sisi L (ambon) yaitu dengan memberlakukan contraflow.

“Akan ada rekayasa lalu lintas di traffic ini nantinya,” lanjutnya.

Adapun progres konstruksi jalan tol ruas Simpang Indralaya-Prabumulih per tanggal 2 April 2023, sudah mencapai 95 persen. (**).

Editor: Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *