Camat Prabumulih Timur Joni Panhar dan Warga Sepakat Menutup Lokasi Pembuangan Sampah

PRABUMULIH.  Lembayungnews. Warga dari dua kelurahan yakni warga perumahan Amwat Kelurahan Muara dan warga Karang Raja hari ini bersama Camat, Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Karang Taruna melakukan pembersihan sampah menumpuk yang membuat resah. Jumat 5/5/2023.

Terlihat juga di lokasi pembuangan sampah, Lurah Kelurahan Muara Dua, Letti Ocvariani A.Keb, Lurah Karang Raja Leliana Santika SP, didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Muara Dua Aipda M Arfan SH, Bripka Elyas Pikal SH M.Si  serta dari Babinsa Serka Kusnen.

Dalam kesempatannya Camat Kecamatan Prabumulih Timur, Joni Panhar ST MM memberikan arahan kepada masyarakat agar membentuk satgas, sekaligus menutup lokasi agar tidak lagi menjadi tempat pembuangan sampah.

Warga melakukan gotong royong membersihkan sampah yang menumpuk mengganggu jalan dan menimbulkan bau tak sedap. Jumat 5/5/2023.
Warga melakukan gotong royong membersihkan sampah yang menumpuk mengganggu jalan dan menimbulkan bau tak sedap. Jumat 5/5/2023.

Sedangkan untuk sampah yang menumpuk saat ini, pihaknya akan mengajak semua unsur pemerintahan Kecamatan dan kelurahan melakukan pembersihan.

“Tadi sudah kita sampaikan ke masyarakat untuk membentuk satgas dari kelurahan masing-masing.  Baik Muara Dua maupun Karang Raja untuk menjaga lokasi agar tidak ada lagi yang membuang sampah disana, jadi kita sepakati lokasinya ditutup dan tidak boleh lagi membuang sampah disini,” ungkap Joni Panhar.

Baca juga :

Sampah Berserakan ke Jalan, Warga Perum Amwat Datangi Kantor Lurah

Lanjutnya lagi, masyarakat nanti akan dibuatkan semacam surat tugas dan dibantu oleh Bhabinkamtibmas.

“Nanti ada semacam surat tugas untuk mereka dan juga dibantu oleh Bhabinkamtibmas untuk menjalankan tugasnya. Permasalahan sampah ini memang kita harus bekerjasama menanganinya,” kata Camat lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) May Duti Firmansyah ST melalui kabid Penyehatan Permukiman Muslim Hakim SE mengatakan hari ini ada 3 unit armada angkutan sampah yang mereka turunkan untuk membantu warga.

“Tadi ada 3 unit armada angkutan untuk membantu warga membersihkan sampah. Selanjutnya kami juga menyarankan agar warga masyarakat ikut berlangganan motor pengambil sampah,” kata Muslim seraya menambahkan bahwa Perkim Prabumulih akan siap memberikan bantuan jika diperlukan.

Ketua Karang Taruna Kota Prabumulih Wedi Saputra SE menyampaikan pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Namun,  tentunya semua harus benar-benar serius dalam mengatasi permasalahan sampah.

“Tentu kita mendukung penuh kegiatan seperti ini, tetapi memang semuanya harus serius dan bekerjasama dalam menangani permasalahan sampah yang ada, bagaimana kesadaran masyarakat serta edukasi dari pemerintah setempat baik dari Lurah, RW dan RT sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat,” ungkap Wedi yang juga sebagai Sekretaris Cabang DPC Partai Demokrat.

Selanjutnya Wedi juga menekankan bahwa Karang Taruna akan selalu mendukung kegiatan positif untuk kepentingan sosial masyarakat.

Perwakilan warga yang melakukan aksi hari rabu kemarin Bapak Ujo mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah atas respons cepatnya.

“Kami selaku warga banyak mengucapkan terimakasih atas respons cepat dari pemerintah, baik Kecamatan maupun kelurahan yang telah mendengar aspirasi kami. Selanjutnya kami juga akan membantu menjaga lokasi ini dari warga yang membuang sampah sembarangan,” kata Ujo saat dibincangi media ini. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *