Pengacara Ungkap Dugaan Oknum Pegawai Pajak KPP Pratama Prabumulih “Bermain”

PRABUMULIH. Lembayungnews. Kasus dugaan korupsi pajak oleh oknum pegawai pajak di Palembang yang sempat bikin heboh beberapa waktu lalu menyisakan kasus baru yang diungkap oleh kuasa hukum AS selaku wajib pajak (WP).

Sebagaimana pers rilis yang disampaikan oleh Ahmad khalifah Rabbani SH, MH.
Riyan Bimanesh SH, Muh takdir. SH. MH dari kantor pajak Baraka Law Office, selaku Kuasa Hukum menerangkan ada beberapa kasus yang akan mereka angkat dan laporkan ke penegak hukum. Senin 12/2/2024.

Ahmad khalifah Rabbani, saat dibincangi awak media menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung yang telah menerima sanggahan sementara kami terkait besaran pajak dari kliennya.

“Kami mengapresiasi Kanwil atas proses keberatan kita yang awalnya nilai objek pajaknya sebesar 36 miliar atau dengan perkiraan nilai pajaknya sebesar 16 miliar turun menjadi 7 miliar rupiah,” kata Ahmad mewakili rekan-rekannya.

Menurutnya nominal itu pun masih dalam proses sanggahan dan diharapkan masih bisa turun lagi.

“Masih dalam proses sanggahan, dan ini masih bisa turun lagi sampai kita dapatkan aktual nilai pajaknya berapa. Nah itu kita mau apresiasi Kepala Kanwilnya yang sekarang, yakni pak Tarmizi,” ungkap Ahmad lagi.

Selanjutnya Ahmad juga nenyentil oknum-oknum pajak KPP Pratama Prabumuiih pada periode 2019-2020.

Diduga adanya oknum pajak KPP Pratama Prabumulih melakukan tawar menawar kepada wajib pajak (WP) dengan sistem DP dan Success fee pada periode kepemimpinan Drs Hasanudin MM.

Ahmad khalifah menjelaskan bagaimana skenario, cara ‘bermain’ oknum pegawai pajak di KPP Pratama Prabumulih ini.

Menurutnya, AS sebagai wajib pajak diduga diperas oleh para oknum pegawai pajak yang bertugas sebagai Account Representative (AR) berinisial MA.

Adapun metodenya dengan cara oknum tersebut mengarahkan wajib pajak untuk memberikan down payment (DP) untuk panjar pengurusan pengurangan pajak setelah mendapatkan Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK).

“Setelah uang diserahkan yang katanya sebagai uang muka untuk mengurus pengurangan pajak, tapi ternyata tidak berhasil lalu kasusnya naik ke pemeriksaan. Namun, di sini juga lagi-lagi WP dimintai uang DP untuk pengurusan kasus pajak,” kata Ahmad menceritakan metode yang dilakukan para oknum ini.

Ditambahkan pula oleh Ahmad, yang lebih parah lagi ada oknum KPP yang meminta aset wajib pajak yang katanya buat jaminan.

Masih kata ahmad bahwasanya tidak ada kata jaminan didalam dunia perpajakan selain proses sita dalam tindakan penagihan pajak

“Bahasa di pajak setelah ditetapkan nilai pajak, kalau tidak bisa bayar langsung sita, tapi ini tidak seperti itu, di periode belum waktunya sita, wajib pajak disuruh menyerahkan aset,” Tegasnya.

Jadi intinya kata Ahmad, ada oknum yang bermain dengan menyita aset dan dijadikan penjamin untuk dasar pengajuan pengurangan nilai pajak oleh oknum yang tidak punya wewenang dalam hal tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Prabumulih, Muhammad Mughofir saat dibincangi awak media mengatakan belum mengetahui adanya kasus tersebut.

“Saya saat ini dalam posisi tidak tahu apa-apa soal informasi ini pak, makanya saya juga hadirkan disini petugas dari Unit Kepatuhan Internal, agar jika ada pegawai atau oknum yang melakukan pemerasan tersebut, tolong sampaikan ke kami,” kata Muhammad Mughofir menjelaskan.

Ditambahkannya oleh Ahmad Mughofir, jika memang ada tindak pemerasan oleh oknum pegawai pajak, sebaiknya dilaporkan ke aparat penegak hukum (APH).

“Sekali lagi, kami belum dapat info mengenai hal ini. Kalaupun ada oknum pegawai kita yang melakukan tindak pidana biasanya akan ada pemanggilan dari aparat penegak hukum. Nanti kita juga akan diberikan informasi tentang hal tersebut. Namun, sampai saat ini belum ada atau tidak ada kasus pemerasan di Prabumulih ini,” katanya menegaskan. (Raif)

Editor: Rasman Ifhandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *